Sabtu, 23 Agustus 2014

BATHOK BOLU ISI MADU


Bathok Bolu Isi Madu

Artinya, bathok (tempurung kelapa), bolu (bolong telu atau berlubang tiga),isi madu (berisi madu). Secara bebas diterjemahkan sebagai tempurung kelapa yang sudah berlubang tiga, namun berisi madu. Padahal, pada umumnya, tempurung kelapa yang berlubang sudah kosong. Daging buahnya sudah rusak, atau habis dimakan serangga. Peribahasa ini sering digunakan untuk menggambarkan orang yang tampaknya bodoh, rendah derajatnya, ternyata memiliki ilmu pengetahuan tinggi serta kearifan yang luar biasa.

Contohnya, serombongan mahasiswa arkeologi datang ke sebuah candi untuk melakukan penelitian. Melihat ada orang tua berpakaian seadanya tengah duduk di bawah pohon, seorang mahasiswa langsung mendekat dan memberi sedekah. Awalnya, orang tua tadi terkejut. Tetapi, sambil mengangguk-anggukkan kepala, pemberian uang ala kadarnya itu pun diterima sang kakek.

Tak tahunya, ketika mereka ketemu dengan petugas cagar alam di sana, yang diminta memberikan penjelasan mengenai candi itu justru orang tua tadi. Dengan fasih dan detail, ia menerangjelaskan seluruh keberadaan candi itu kepada para mahasiswa. Ternyata, orang tua itulah juru kunci candi; pekerjaan yang ditekuni turun-temurun dari nenek moyangnya. Maka, tidak mengherankan jika orang yang tampaknya seperti fakir itu justru memiliki pengetahuan mengenai candi lebih banyak daripada para mahasiswa perguruan tinggi.


In English...

That is, bathok (coconut shell), bolu (bolong telu or three cavities), the contents of honey (contains honey). Freely translated as coconut shell that has been perforated three, but it contains honey. In fact, in general, are hollow coconut shell is empty. Flesh is damaged, or been eaten insects. This proverb is often used to describe people who seem stupid, inferior, proved to have a high knowledge and extraordinary wisdom.

For example, a group of archeology students come to a temple to perform research. Seeing no parents dressed potluck was sitting under a tree, a student approached directly and give alms. Initially, the parents had been shocked. However, while nodding his head, giving the money that was received rudimentary grandfather.

Not him, when they met with a nature reserve officer there, who were asked to provide an explanation of the temple was actually the old man. With eloquent and detail, he describes the entire existence of the temple to the students. Apparently, old man that the caretaker of the temple; work that occupied generations from their ancestors. Thus, it is not surprising that people are poor and it seems like it has a lot of knowledge about the temple more than college students.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar